Cara Membuat Menu Header Menjadi Melayang Meskipun di Scroll kebawah

Menu Header adalah (Navigasion Menu) yaitu menu yang biasa dibuat para blogger untuk menu tentang kategori apa saja yang disediakan di blog itu sendiri.  Menu Header ini sangat penting bagi pengunjung agar mereka bisa leluasa berselancar (Surfing) dan membaca blog kita lebih lama. Untuk Menu Header ketika pengunjung sedang membaca mereka membacakan otomatis membaca sampai kebawah, berarti pengunjung scroll down kan. Saya ingin menu header tersebut juga ikut kebawah, jika kalian penasaran caranya bagaimana.

Singkat cerita :  Awalnya saya iri dengan blog yang saya kunjungi, ketika saya membaca konten yang berkualitas itu atau saya sedang blogwalking saya melihat Menu Header yang mereka pakai melayang, meskipun saya scroll kebawah untuk membaca artikel sampai habis dan kembali ketempatnya seperti semula dengan posisi seperti awalnya. Setalah saya meneliti akhirnya saya tahu yang mereka gunakan "Sticky Position (Bar) With CSS Or JQuery". Kode tersebut saya ambil agar Menu Header yang saya gunakan tetap muncul meskipun di scroll kebawah. Cara membuatnya mudah banget, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga :
Screenshoot : 

Perhatikan! Menu Header ketika saya Scroll kebawah.
Cara Membuat Menu Header Menjadi Melayang Meskipun di Scroll kebawah


Cara Membuat Menu Header Menjadi Melayang Meskipun di Scroll kebawah
Cara Pertama : 

1. Buka Blogger - Kemudian login.
2. Dashboard - Template.
3. Edit HTML.

Proses Pembuatan :

1. Temukan <CTRL+F> kode </body>
2. Copy&paste kode Java Script berikut ini, dan letakkan diatas kode </body>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
    var stickyNavTop = $('#nav').offset().top;
    var stickyNav = function(){
        var scrollTop = $(window).scrollTop();
        if (scrollTop > stickyNavTop) {
            $('#nav').css({ 'position': 'fixed', 'top':0, 'z-index':9999 });
        } else {
            $('#nav').css({ 'position': 'relative' });
        }
    };
    stickyNav();
    $(window).scroll(function() {
        stickyNav();
    });
});
//]]>
</script>
3. Perhatikan ID CLASS pada tulisan yang berwarna biru. Silakan ganti kode tersebut dengan kode Menu yang ada di Template anda. Biasanya .nav atau #nav atau #menu

4. Sehingga menjadi Seperti ini <Saya Menggunakan ID Class #menu>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
    var stickyNavTop = $('#menu').offset().top;
    var stickyNav = function(){
        var scrollTop = $(window).scrollTop();
        if (scrollTop > stickyNavTop) {
            $('#menu').css({ 'position': 'fixed', 'top':0, 'z-index':9999 });
        } else {
            $('#menu').css({ 'position': 'relative' });
        }
    };
    stickyNav();
    $(window).scroll(function() {
        stickyNav();
    });
});
//]]>
</script>
5. Simpan Template!.

Cara Mencari ID Class pada Menu Header dengan Mudah

Jika anda kesulitan dalam mencari ID Class, saya akan kasih tau cara mencarinya dengan mudah. Anda cukup Inspect Elemen pada Menu Header lihat Souce kodenya pada bagian bawah kanan.


Perhatikan gambar berikut ini.
Mencari ID Class pada Blogger
Ternyata saya Inspect Elemen pada Menu Header Demo Bloggers, Blogger itu punya saya. Ternyata ID Class itu menggunakan #nav. Tinggal ganti kode diatas yang bertuliskan warna merah dengan #nav. Mudah bukan?

Demikianlah Tutorial Blogger kali ini, jika anda mengalami kesulitan? Jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini. Terakhir, silakan anda lihat home page anda dan jangan lupa Scroll kebawah. Sekian dari saya, Semoga Bermanfaat! Thanks for Reading, Sharing & Visited and Search : Cara Membuat Menu Header Menjadi Melayang Meskipun di Scroll kebawah.

Related Post

29 Responses to "Cara Membuat Menu Header Menjadi Melayang Meskipun di Scroll kebawah"

  1. Bagusgan menu header nya ikut kebawah..!!

    ReplyDelete
  2. Bagusgan menu header nya ikut kebawah..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih gan, diterapkan juga yan. Supaya blog agan versi desktop dan versi mobile jadi responsive. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Oh... Menu header... Melayang kebawah ? Hem.... Coba dulu ah... Bisa untuk platform Blogspot kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, silakan dicoba gan. Agar Menu Header agan jadi Responsive Versi Desktop maupun Versi Mobile. :)

      Delete
  4. Keren gan, buat nambah widget diblog wajib dicoba heheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Monggo dicoba, agar menu header agan responsive :) Terima Kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  5. Kalau responsive seperti itu, bisa meningkatkan jumlah pengunjung juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo meningkatkan pengunjung bukan begitu mba. Mbaa harus rajin share artikel mbaa ke media sosial kepunyaan mbaa, itu sih yang saya lakukan. Kalo untuk tutorial ini, agar menu pada blog mbaa responsive versi dekstop ataupun versi mobile :)

      Delete
  6. Keren gan... ijin pake neh header melayang ya...
    kunjungi balik : Kunjungi Balik DanAndroid-Download

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan silakan. Terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Delete
  7. bagus info nya, menu header nya bisa melayang, tapi saya ada pertanyaan nie, menu header blog agan jadi beda ukuran nya waktu d scroll ke bawah. kode untuk membuat menu header yg fixed dan relative mempunyai ukuran yg sama gimana cara nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa gan, karena menyatu dengan tulisan pada menu header saya. Kalo relative ketika scrol keatas posisinya seperti semula. Namun kalo fixed jika di scroll ke bawah maka dipotong dengan tulisan, atau menyesuaikan dengan tulisan. ^_^

      Delete
  8. boleh juga....tak coba dulu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, silakan di coba. (Y) Terima kasih sudah berkunjung :-bd

      Delete
  9. nice info,mau nyoba juga gan

    ReplyDelete
  10. waw keren banget gan, sudah saya terapkan and workss, thankss

    ReplyDelete
  11. Work mas, tutorialnya mantap (y)

    ReplyDelete
  12. agar menu nya ketengah gimana mas? soal nya menu saya setelah di pasang kode itu jadi kekiri

    ReplyDelete
  13. Apa kita harus hapus dlu header navigasi yg ada di blog kita baru kita masukin script diatas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu mas, mas hanya mencari ID Class pada Template agan, gunakan inspect element biar ketemu, ikuti cara diatas dengan teliti...

      Delete
  14. Gan Ko Yng Punya Saya Cmn ikut si Nama" nya doang ga sama background nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin agan salah dibagian IDClass, kalo nama nya saja sudah bisa melayang. Agan tinggal cari saja IDClass yang untuk menu nya.

      Delete
  15. Ini yang saya cari,.... makasih gan..!! Salam dari kami : Bisikan Sehat.

    ReplyDelete
  16. gan saya kesulitan ID class nya. mohon bantuannya https://indoking.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Akhirnya bisa juga..keren gan, saya sudah lama utak atik template belum bisa juga, akhirnya ketemu blog agan, dan akhirnya sukses dan kalau boleh saya tambahin ID Class nya selain .nav,#nav dan #menu ada juga #navigasimenu seperti template saya.
    Bagi yang menggunakan template Kang Romel (Romeltea Media) bisa kunjungi blog saya
    https://peluangkerjagratis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. saya terapkan di blog hasil versi mobile dan dekstop beda gan..

    ReplyDelete
  19. om ko menu bacground saya malah transparan yah saat di scoll . melayang sih tapi malah transparan . jadi hanya hurufnya saja . bacckground tidak ? kenapa yah

    ReplyDelete