Mengubah Partisi GPT ke MBR Tanpa Menghapus Data Saat Menginstal Ulang Windows



     Saat Anda sedang menginstal ulang windows tiba-tiba dibuat pusing oleh tulisan berikut “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style”, sudah pasti proses installasi windows terhenti, dan tidak bisa melanjutkan proses installasi windows karena terhenti di pem-partisian harddisk. Padahal urutannya sudah benar dan tinggal memilih pastisi hardisk yang akan digunakan untuk System (Local C). Disini kita harus memahami terlebih dahulu konsep kesalahannya atau prosedur yang harus dipenuhi apabila ingin proses installasi windows dapat dilanjutkan. Pada kasus tersebut, installasi windows membutuhkan tipe partisi GPT harddisk-nya, padahal partisi Local C (System) salah satu tempat file windows tersebut sudah terlanjut ter-format. Kasus ini membuat bingung sebagian Anda yang masih jarang menemukan atau menggunakan tipe partisi hardisk seperti GPT (GUID Partition Table), karena kebiasaan proses installasi Anda menggunakan Mode MBR (Master Boot Record). Untuk melakukan installasi Windows 7/8/10 dibutuhkan tipe partisi MBR, sedangkan laptop Anda sudah menggunakan mode partisi GPT, lalu bagaimanakah cara supaya dapat melanjutkan proses installasi tersebut tanpa harus memformat semua partisi supaya semua partisi menjadi bertipe MBR?, melakukan hal tersebut tanpa harus ketakutan apabila data-data di drive lain selain C juga akan terhapus, maka berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mari kita simak dengan seksama.

Cara Mengubah Partisi Harddisk GPT ke MBR

     Karena pada tutorial kali ini membutuhkan sebuah USB Flashdisk untuk membuat Konfigurasi Bootable dari aplikasi MiniTool Partition Wizard Disc karena aplikasi ini berformat .ISO maka kita harus Bootable terlebih dahulu, maka silakan Anda persiapkan perangkat tersebut. Selanjutnya silakan Anda unduh bahan-bahan dibawah ini nanti kita akan dilanjutkan proses Pembuatan USB Flashdisk Bootable dengan bantuan software yang bernama Rufus 2.17.1198.

Screenshoot :
silakan klik gambar untuk memperbesar
Download :
  • MiniTool Partition Wizard Disc Bootable [Google Drive] - Size: 136MB
  • Rufus V2.17.1198 [Google Drive] - Size: 944KB/1MB
Cara Bootable File .ISO Dengan Software Rufus

silakan klik gambar untuk memperbesar

1. Siapkan sebuah USB Flashdisk lalu masukan pada laptop yang Anda.
2. Buka Aplikasi Rufus V2.17.1198, maka secara otomatis USB Flashdisk akan terbaca oleh Software Rufus.
3. Kemudian silakan tentukan skema partisi yang akan digunakan, silakan pilih “MBR partition scheme for BIOS or UEFI”
4. Pilih File System menjadi FAT32 - Default
5. Lihat Tulisan: ISO Image pada Create a bootable disk using, lalu silakan klik tombol disamping kanan pilihan ISO Image untuk Browse dan mengambil sumber File MiniTool Partition Wizard yang telah di unduh.
6. Jika Anda sudah tentukan File sumbernya, silakan tekan tombol Open, kemudian pada aplikasi Rufus silakan tekan tombol Start.
7. Tetapi sebelum langkah diatas Anda kerjakan, silakan koneksikan komputer Anda dengan layanan Internet, karena pada proses pembuatan USB Disk Bootable Partition tersebut membutuhkan proses download dari internet.
8. Setelah proses pembuatan USB Disk Bootable selesai, silakan Anda pasangkan USB Flashdisk tersebut pada Laptop yang ingin Anda kerjakan, dan Restart Laptop tersebut.
9. Untuk memulainya silakan anda melakukan pengaturan First Boot pada BIOS. Untuk masuk kedalam menu BIOS tekan F2 / DELETE / F12 / TAB - Tergantung Merk Laptop/PC yang dimiliki, karena setiap laptop beda merk pasti beda juga cara masuk ke menu BIOS nya. Untuk Point No.9 ini saya anggap Anda sudah bisa. Selanjutnya atur agar proses Booting, membaca USB Disk Bootable.
Aplikasi MiniTool Partition Wizard Berhasil di Jalankan Pada Laptop Bermasalah

silakan klik gambar untuk memperbesar

10. Tekan Enter pada menu pilihan MiniTool Partition Wizard Boot Disk 9 dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan utama dari aplikasi tersebut.
Tampilan dari Aplikasi MiniTool Partition Wizard Boot Disk 9

silakan klik gambar untuk memperbesar

11. Pillih bagian piranti hardisk secara keseluruhannya, jangan sampai salah ke bagian partisi data (Lihat No. 1). Pilih bagian icon pada harddisk yang mempunyai keterangan “Basic GPT”, karena bagian inilah yang akan anda konversi menjadi bertipe partisi “MBR”
12. Setelah itu silakan klik menu operasi “Convert MBR Disk to GPT Disk” (Lihat No.2), lalu klik tombol “Apply” (Lihat No. 3). Silakan tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai dan dilanjutkan restart. 

silakan klik gambar untuk memperbesar

13. Kini laptop Anda telah siap untuk di lakukan Instal Ulang Windows 7/8/10 sebagaimana normalnya.

Incomming Search:

Cara Mengatasi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Cara Mengubah Partisi GPT ke MBR, How to Convert GPT to MBR Partition, Solusi Mengatasi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Solusi Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, Cara Bootable USB Flashdisk dengan Software Rufus, Cara Mengatasi Tidak Bisa Melanjutkan Proses Installasi Windows, Kenapa tidak bsa di Next saat menginstal ulang windows, Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.

12 Responses to "Mengubah Partisi GPT ke MBR Tanpa Menghapus Data Saat Menginstal Ulang Windows"

  1. Replies
    1. irens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

      Delete
  2. Koq ane kaga bisa ya gan
    Pesan Eror :
    MiniTool PPertition Wizard Cannot convert this GPT disk to MBR disk (Too many primary partition)

    Mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
  3. Min,ko beda ya ukuran hardisk yg basic gpt sama yg tertulis basic mbr, difoto yg pertama (basic gpt) ukurannya 500gb (465.74gb), sedangkan di foto kedua alias tertulis 1tb (931.51gb). Kalo gitu sih ini beda hardisk, bukan dari 1 hardisk yg di convert.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu harddisk saya. Harddisk saya ada 2 gan, yang satu buat bahan percobaan yang 500 GB yang 1 TB nya buat bahan picture buat di artikel saja. Yang penting penyajian nya sama. Abaikan saja size nya. Soalnya sempet bongkar gonta ganti harddisk gan. :)

      Delete
  4. Sama kayak punya mas fahri tuh, error too many partitions

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah...
    Artikel yg sangat bermanfaat...
    2 hari nyelesain laptop orang karena lupa convert MBR, data C udah di tebas...
    Akhirnya, semua masalah selesai...

    Makasih banget gan...

    ReplyDelete
  6. alhamdulilah cara ini berhasil 100 persen work,, makasih gan bantuannya

    ReplyDelete
  7. pas diinstal muncul gpt,pas pake ni software kok kedeteknya mbr yak?bingun saya

    ReplyDelete
  8. Convert GPT to MBR Done, Thank you

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel