Cara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex di Google Search

Halo, kali ini saya akan membagikan tutorial cara agar artikel kita cepat terindex di mesin pencarian google. Awalnya saya malas sebenarnya membuat tutorial ini karena akan memakan banyak waktu dan pastinya banyak kata yang saya tulis yang membuat tangan saya pegal dan juga banyak gambar yang perlu saya edit. Sebenarnya artikel ini sudah lama saya simpan di draft Blogger namun hanya setengah saja yang saya tulis dan saya tidak ingin melajutkannya lagi. Namun banyak sekali Blogger asal grup di Facebook kesulitan bagaimana caranya agar artikel cepat teridex. Ya sayapun akhirnya memutuskan untuk menulis sebanyak ini dan menjelaskan secara rinci yaitu bagaimana sih biar artikel kita cepat terindex di pencarian google. Agar artikel kita menjadi urutan nomor satu di pencarian Google memanglah sulit untuk didapatkan, pasalnya karena banyaknya saingan diantara artikel yang anda buat dengan artikel orang lain. Jika anda memiliki blog namun belum mempunyai visitor berikut ini saya akan membuat artikel bagaimana agar artikel anda cepat terindex di Google. Dengan menggunakan cara ini secara tidak langsung anda sudah mengoptimasi SEO (Search Engine Optimized) pada blog anda. Mengapa demikian?

Sebab Google tidak akan mudah percaya begitu saja bahwa blog ini adalah milik anda, maka dari itulah Google membutuhkan proses untuk mengindex atau merayapi blog anda. Tapi jika anda menggunakan tutorial yang saya berikan ini, kemungkinan sangat berpengaruh sekali pada blog anda. Karena pasalnya saya akan membagikan tutorial berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sebenarnya Google tidak membutuhkan banyak proses, dan secara otomatis Google akan langsung mengindex blog anda.

Screenshoot :

Artikel yang terindeks oleh Google Search Engine adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan pada blog/website anda, tanpa di indeks blog anda akan terasa sia-sia saja. Karena sakit rasanya kita sudah membuat artikel namun tidak ada yang baca, sudah cape-cape ngetik namun belum juga ada yang berkunjung, sehingga terkadang kita pesimis duluan dan berhenti dalam dunia blogging. Jangan khawatir, disinilah pengetahuan SEO yang harus anda kuasai, tujuannya belajar SEO ini agar konten pada blog anda dikenali dan terindex oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, maupun Search Engine lainnya karena hampir 70% pengunjung blog itu berdasarkan Search Engine selebihnya mungkin melalui perantara Sosial Media. Berikut ini beberapa teknik atau strategi yang harus anda terapkan agar artikel anda cepat terindex.

Screenshoot :

Sebelum masuk ke proses pembuatan perhatikan screenshoot gambar diatas, jika artikel anda cepat terindex maka antara url yang sudah di submit perbandingan nya sama dengan url yang sudah di indexed berdasarkan grafik sitemaps. Jika di artikan dalam grafik diatas maka :

" Saya memilik artikel sebanyak 197 dan URL pada artikel sendiri itu sudah di submitted (biru) dan Google sudah merayapi atau mengindex artikel saya sebanyak 197 juga. Jika diartikan artikel saya sudah sepenuhnya di index oleh Google."

Cara Agar Artikel Anda Cepat Terindex di Google Search


Cara Pertama :

1. Buka Blogger - Kemudian Login.
2. Dashboard - Setelan.
3. Cek anda menggunakan HTTP / HTTPS.

Screenshoot : 
Silakan anda pilih antara di aktifkan atau tidak (Ya/Tidak) pada pengalihan HTTP/HTTPS. Hal ini sangat perlu diperhatikan, tujuannya agar tidak terjadi kesalahan pada pengindexan oleh Google. Jadi itu ibarat seperti ini, anda menggunakan HTTPS namun ternyata anda men-submit artikel anda menggunakan URL HTTP sehingga Google mengindex artikel anda dalam keadaan HTTP dan robot.txt tidak bisa mengindex artikel anda. Seharusnya URL yang anda submit itu semuanya harus dalam keadaan URL HTTPS sehingga dengan mudahnya Google mengindex blog anda, begitupun sebaliknya.

4. Buka Google Webmaster.
5. Login dengan akun Google anda yang sudah tercantum Blogger.
6. Dashboard - "Add a Property" (Tombol Berwarna Merah).

Screenshoot :
7. Jika sudah silakan masukan URL blog anda.

Ingatlah pada point 3, Jika anda menggunakan HTTP / HTTPS. Jika anda tidak mengaktifkan pengalihan HTTPS pada setalan Blogger tadi maka anda masukan dengan HTTP, contoh: http://maycyber-download.blogspot.com/ jika anda mengaktifkan pengalihan HTTPS pada setelah Blogger maka anda memasukan seperti ini : https://maycyber-download.blogspot.com/

8. Selanjutnya anda akan memasuki Dashboard.
9. Dashboard - Pengaturan (Icon Gerigi) - Pilih "Verification Details".

Screenshoot :
10. Jika sudah, selanjutnya adalah mem-verifikasi bahwa ini adalah situs/blog anda.
klik "Verify using a different method".

Screenshoot :
11. Jika sudah, maka anda akan disuruh memilih beberapa pilihan untuk mem-verifikasi situs anda, silakan anda pilih "HTML Tag".

Screenshoot :

12. Buka Blogger - Pilih Tema/Template.
13. Temukan kode <head>
14. Copy & Paste kode HTML Tag anda seperti gambar diatas, kemudian letakkan dibawah kode <head>

Screenshoot:
15. Jika sudah di pasang pada blog anda,  kemudian klik "Verify" pada Google Webmaster nya.

Screenshoot :
16. Dashboard - Pilih "Crawl" - Kemudian pilih "Sitemaps".

Screenshoot :

17. Jika sudah di menu "Sitemaps" - Plih "Add/Test Sitemaps" (Tombol Berwarna Merah).

Screenshoot :

Silakan anda masukkan "Sitemap.xml" untuk menambahkan Sitemaps. Tujuan ditambahkan sitemaps sini adalah agar artikel yang terindex ketahuan. Jika sudah, tekan tombol Submit yang berwarna biru.

18. Biasanya sitemaps akan pending. Berdasarkan yang saya baca dari kebijakan Google untuk masalah pengindexan Google akan merayapi dan mengindex artikel dalam kurun waku 72 jam/ 3 hari.

Apa yang saya lakukan selama sitemaps sedang Pending?

Lakukan lah seperti yang saya lakukan dalam masa pending sitemaps Google Webmaster, berikut ini adalah yang saya lakukan ketika sitemaps sedang pending.

1. Submit URL. - Google Console

Untuk mendapatkan index yang maksimal yang saya lakukan adalah men-submit semua artikel saya ke Google Console. Perlu diketahui, jika anda membuat artikel baru dan sudah mempublikasikan nya yang harus anda lakukan adalah men-submit URL artikel anda ke Google Console ini. Biasanya jika anda men-submit artikel anda ke sini akan mendapatkan index lebih cepat. Sebenarnya ngga perlu di submit juga tidak masalah, seperti yang sudah saya bilang tadi pada point 18, Google akan mengindex dan merayapi blog anda dalam waktu kurun 72 jam / 3 hari. Jadi simple nya begini, Anda membuat artikel - di Publikasikan - Submit URL - Terindex.

Berikut ini adalah cara yang benar untuk submit URL :

Screenshoot :

Caranya anda buka postingan anda, klik kanan mouse pada tulisan lihat, kemudian "Copy link address". Perhatikan gambar biar anda paham.

2. Buka Google Console

Perlu diperhatikan, ketika anda ingin men-submit perhatikan antara HTTP dengan HTTPS pasalnya ini sangat berpengaruh. Jika pada setelah Blogger anda, anda mengaktifkan pengalihan HTTPS di wajibkan semua URL yang akan di index itu menggunakan HTTPS. Jika anda tidak mengaktifkan HTTPS maka anda hanya perlu menghapus huruf "S" pada HTTPS:// biasa nya default nya HTTP dan itu juga wajib semua URL menggunakan HTTP.


Demikian, bila anda mengalami kesalahan atau ada yang ingin dipertanyakan silakan jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini. Semoga Bermanfaat! Thanks for Reading : Cara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex di Google Search.


Incomming Search :

Cara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex di Google Search, Cara Agar Postingan Cepat Terindex, Cara Agar Artikel Terindex, Cara Agar Postingan Terindex, 3 Cara Ampuh Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex GoogleCara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex GoogleCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 DetikCara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex Google 2018Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex GoogleCara Agar Artikel Blog Cepat Terindex GoogleCara Agar Artikel Postingan Kita Cepat Terindex GoogleCara Agar Artikel/Postingan Blog Cepat Terindex Google (Search Engine)

Related Post

3 Responses to "Cara Agar Artikel/Postingan Cepat Terindex di Google Search"

  1. Oh begitu ya gan caranya agar artikel blog cepat terindex google search. Terimakasih ya gan, artikelnya sangat membantu sekali ^-^

    Jangan lupa kunjugi blog saya ya ^-^ di
    http://adityaramadhan74.blogspot.com

    Dan juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok. Sudah saya kunjugin balik gan. Terima kasih sudah berkunjung. :)

      Delete
  2. berarti sebaiknya pengalihan https itu, iya atau tidak gan ?

    ReplyDelete