Ini Penjelasan Secara Detail! Cara Melaporkan Artikel Anda yang di Curi ke Google DMCA

Sehubungan dengan Artikel saya di Copy&paste oleh orang yang tidak dikenal. Saya merasa nyesek pastinya karena artikel saya sebanyak 21 telah di copy&paste oleh orang yang tidak dikenal. - Mr.X. Saya barusan telah melaporkan ke pihak Google DMCA untuk menghapus Artikel saya yang di Duplikat lalu di Jiplak di Blog orang yang tidak dikenal tersebut. Melaporkan ke Google DMCA merupakan tindakan yang tepat untuk si pelanggar hak cipta, selain agar si pelanggar itu insyaf bahkan memberi kesan dan efek jera pada blog itu sendiri. Kecuali malampirkan link hidup untuk menjadi sumber artikelnya.

Cara Melaporkan Artikel yang di Curi ke Google DMCA

Pastinya sebal dong artikel kalian di copy&paste begitu saja oleh maling itu. Selain sebal pastinya juga sedih dong, karena kita sudah susah payah menulis/mengetik eh dengan gampangnya dia men-duplikat artikel kita dan di jiplak di blog dia. Sekarang pada hari Jum'at tanggal 16 Desember 2016. Ini merupakan hari pertama saya melaporkan ke Google DMCA. Ini menjadi pengalaman miris bagi saya, karena si pencuri artikel ini copy&paste artikel saya sebanyak 21. Saya langsung melaporkan si pencuri artikel tersebut tanpa mengomentari di blog dia, untuk menasehati dia agar artikel yang ada di blog saya segara dihapus, tetapi kayanya tidak mungkin. Terkadang hal ini tidaklah mudah. Biasanya para Copasser hanya fokus copy&paste artikel orang lain dan tidak memperhatikan komentar/pesan yang disampaikan pembaca/pengunjung. Jika seperti ini, saya berpikiran untuk melaporkan langsung saja ke Google DMCA tanpa berkomentar di blog si maling artikel itu.

DMCA atau Digital Millennium Copyright Act berlaku sejak tahun 1998 yang disahkan oleh Senat Amerika di bawah payung Hukum dan Hak cipta Amerika Serikat.

DMCA melindungi Hak cipta Perorangan, Kelompok maupun perusahaan dari perbuatan Penjiplakan Teknologi, Hardware Mupun Software. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah Konten original yang diduplikat secara tidak sah di ranah dunia maya (Internet) bisa dikenai sanksi DMCA sebagai bentuk pelanggaran yang masuk dalam hukum Pidana maupun perdata.

Sebelum Melaporkan Pelanggar hak cipta, Berikut ini dampak dan buruknya bagi situs yang terkena pelaporan Google DMCA

1. URL Artikel Hilang  Untuk situs yang terindikasi ada konten yang mencuri atau menjiplak artikel begitu saja. Tenanglah jika permohonan Google DMCA sudah di Approved laporannya maka URL yang terindikasi tersebut hilang dari Dashboard Blogger. 

2. Suspend Akun

 Selain URL artikel yang hilang, bila laporan Google DMCA sudah Approved kemungkinan akun tersebut di blokir permanen atau suspended.

3. Peringkat Menunrun 100% Drastis

  Selain URL Artikel hilang dan Suspend Akun, dampak selanjutnya adalah peringkat menurun. Anda tau sendirikan Google Search adalah mesin pencari yang paling populer dan sistem robot perayap yang sangat canggih dibanding mesin pencari lainnya. Bila ada situs yang terindikasi terkena "pelanggaran hak cipta" Kemungkian peringkat di Search Engine Google akan menurun drastis.

4. Pelanggaran TOS Google Adsense

  Bagi situs yang terindikasi "Melanggar Hak Cipta" Anda tau sendirikan, Google Adsense adalah mitra iklan dan situs pengiklan paling populer. Jika situs yang terindikasi "Menduplikat Artikel" orang lain dan masuk kedalam Daftar DMCA, kemungkinan kode iklan yang ada di situs yang terindikasi tersebut akan terjadi blank pada kode iklannya. Ini sangat berbahaya untuk kelangsungan akun Adsense milik si pencuri artikel itu.

5. Visitor Situs Website anda akan pergi dan menjadi sepi

  Situs yang sudah terbukti melakukan "Duplikat konten" milik orang lain akan dinilai buruk bagi pengunjung bahwa semua konten yang dibaca tidaklah original. Jika kemungkinan pengunjung menilai situs anda seperti itu, maka pengunjung itupun tidak akan lagi mengunjungi ke situs tersebut.

Berikut ini keuntungan bagi situs yang melaporkan dan disetujui Google DMCA

 1. Peringkat dalam Google Search Meningkat

  Bagi situs yang melaporkan dan sudah disetujui laporannya oleh Google DMCA, maka kedudukan dan peringkat di mesin pencari akan semakin baik dan meningkat. Hal ini dikarenakan robot mesin pencari tidak menemukan adanya duplikat konten yang sengaja dibuat oleh situs pencuri artikel.

2. Google Akan Menganggap Konten Anda Original

  Menjadi kebanggaan jika Google menganggap konten kita original. Tentu saja pemilik situs pasti juga senang karena semua konten dan seluruh isinya adalah konten yang "Orsinil" Disini maksud orsinil adalah tidak ada yang menyamai artikel anda dari bentuk kalimat dan kata-kata, inilah bisa dikatakan " Unique Article" Bila anda mempunyai artikel yang lebih unik, tentu tidak ada halangan bagi robot mesin pencari untuk menaiki rating anda di Search Engine Google.

Cara Melaporkan Artikel Anda yang di Curi ke Google DMCA

1. Buka Google DMCA
2. Pastikan anda sudah masuk Akun Google Anda
3. Akan tampak sebuah Form yang harus anda isi sedetail mungkin - perhatikan gambar berikut ini!

Cara Melaporkan Artikel yang di Curi ke Google DMCA

Contact Information :

1. First Name:* Silakan Anda isi dengan nama depan Anda.

2. Last Name:* Silakan Anda isi dengan nama belakang Anda.

3. Company Name:* Ini merupakan nama perusahaan, anda bisa menulis dengan nama blog anda atau tidak mengisinya juga tidak masalah.

4. Copyright holder you represent:* Pemegang hak cipta yang Anda wakili. Disini ada dua pilihan Self yaitu diri sendiri. - Silakan anda pilih Self.

5. Email Address:* Silakan anda isikan dengan Alamat Email sesuai dengan blog anda, jangan gunakan Email dengan blog yang berbeda.

6. Country/Region = Pilih Negara Bagian "Pilih Indonesia"

Sekarang tinggal mengisi bagian: * YOUR COPYRIGHTED WORK *

Klik gambar untuk memperbesar!
Cara Melaporkan Artikel yang di Curi ke Google DMCA

7.  Identify and describe the copyrighted work: * Silakan anda isikan dengan Deskripsi - Max 500 Character.
8. Where can we see an authorized example of the work?:* Silakan anda isikan dengan URL Artikel pada blog anda yang ingin di direview.

Cara Melaporkan Artikel yang di Curi ke Google DMCA

9. Location of infringing material: * Lokasi materi yang melanggar. Silakan anda isikan dengan URL Alamat Artikel Pencuri Artikel

Terakhir:* SWORN STATEMENTS = LAPORAN SUMPAH*:

Cara Melaporkan Artikel yang di Curi ke Google DMCA
Centang semua yang ada di sana. Selanjutnya :* SIGNATURE *: TANDA TANGAN* 
10. Signed on this date of: * Silakan anda isikan dengan Tanggal sekarang 
<Bulan,Tanggal,Tahun>

11. Signature: * Tanda Tangan * Silakan anda isikan dengan Nama Anda
12. Selanjutnya, Centang Captha "I am not a robot" 
13. Submit! 

Berikut situs website yang menduflikat konten saya dan menjiplak artikel saya ke blog mereka


Demikianlah Tutorial Blogger kali ini, Semoga para Copasser Insyaf dan kembali kejalan yang benar. Penutup, Silakan anda tunggu sampai laporan diterima oleh pihak Google DMCA. Sekian dari saya, Semoga bermanfaat! - Thanks for Reading & Sharing and Visited : Ini Penjelasan Secara Detail, Cara Melaporkan Artikel Anda yang di Curi ke Google DMCA

Related Post

4 Responses to "Ini Penjelasan Secara Detail! Cara Melaporkan Artikel Anda yang di Curi ke Google DMCA"

  1. Bener banget nih gan, supaya yang nyuri tau rasa

    ReplyDelete
  2. Makasih gan penjelasanya ... Bermanfaat banget untuk saya ^_^... Kunjungi juga : http://danandroid-download.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okee sama-sama gan. Terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Delete