20 Tips Pencetan Keyboard untuk Windows dan Fungsinya!



Kalian pengguna Windows ? Pahami dulu pencetan Keyboard dan Fungsinya untuk Windows Tujuannya kamu lebih leluasa menguasai pencetan Keyboard dan Fungsinya untuk komputer anda. Contoh misalkan anda ingin Shutdown, gampang anda hanya tinggal mencet di keyboard  Alt + Tab + F4 . Oke langsung saja kita praktekan pencetan keyboard, sekalian kalian praktekan di komputer atau Laptop anda^.^

1. Menutup Tab, dan pergi ke Desktop dengan Cepat!

    Bila anda mempunyai pekerjaan dikantor yang menggukan komputer, ketikai itu anda sedang bermain game dengan asyik, eh tiba-tiba manager atau bos anda datang, apa yang harus anda lakukan? Exit game dahulu gitu? Kelamaan dong, bisa-bisa kamu dimarahin oleh si bos kantor kamu. Mudah saja, yang harus anda lakukan adalah menekan pada keyboard " Windows + D "untuk menutup semua tab, atau minimaze otomatis istilahnya.

2. Mengunci Layar Screen ( Khusus Password )


     Bila anda ingin pergi ke kamar mandi, meninggal komputer anda kebetulan disitu ada teman anda yang iseng banget, pasti anda takut kalo komputer/laptop anda di otak-atik, karena disitu ada data-data penting. Mudah saja, yaitu dengan cara Loock Screen atau Kunci Layar. Bila anda biasanya mengunci layar dengan cara pergi ke windows -> Lalu ada bacaan Shutdown dan arah panah ke kanan, maka disitu ada menu sub antara lain Switch User, Log Off, Lock, Restar, Sleep. Cara seperti itu menurut saya, terlalu lama. Apalagi anda kebelat berak hehe. Yang harus anda lakukan adalah menekan pada Keyboard " Windows + L" Tekan lama!

3. Task Manager dengan Cepat!

     Bila kamu mensilang/close game (X) Biasa ada bacaan Not Responding . Itu artinya disuruh menunggu beberapa menit, menurut saya cara silang (X) itu membuat leg. Jalan satu-satunya adalah menggunakan Task Manager lalu anda tinggal End Task. Maka Apps akan tertutup paksa, Bagaimana cara menampilkan Task Manager? Pasti kalian sudah tau mungkin, yang harus dilakukan adalah klik kanan pada mouse pada dibagian bar bawah windows lalu pilih bagian Task Manager . Cara tersebut terlalu lama, yang harus lakukan adalah menekan pada Keyboard " Ctrl + Shift + Esc " maka akan muncul Task Manager Otomatis.

4. Task Manager ke - 2 

      Bila Task Manager kamu Blank / Not Responding, Cara yang harus anda lakukan adalah menekan pada keyboard  " Ctrl + Alt + Delete "

5. Menutup Browser dengan Cepat!

       Bila kamu sedang bermain warnet, dan waktu anda sisa 2 menit yang harus anda lakukan adalah segera melakukan logout pada biling, kebetulan sekali anda membuka Tab pada Browser sangat banyak, mungkin lebih dari 4 Tab. Maka ketika itulah anda menutup semua (X) pada Tab dengan mencet mouse dibagian kanan dan mencet tanda (X). Menurut cara seperti itu kelamaan, yang harus anda lakukan adalah menekan pada keyboard " Ctrl + F4 " Maka Tab akan (X) satu/per satu!

6. Melakukan Perpindahan Pada Tab Browser, Misalkan Facebook ke Youtube.

       Bila anda tidak mau ribet-ribet menggerakan mouse anda untuk berpindah tab, misalkan anda sedang membuka facebook, maka itu adalah Tab Facebook dan sebelah Tab Facebook anda sedang membuka Youtube. Maka cara yang anda lakukan untuk ini adalah menekan pada keyboard " Ctrl Tahan + Number 1-9 ", Maka anda lebih bisa leluasa berpindah Tab ke Tab lainnya.

7. Minimaze Semua Tab.

       Cara ini sama seperti menutup Tab dengan cepat, seperti nomor 1 . Namun cara ini adalah untuk minimaze semua Tab, atau istilahnya menyematkan Tab. Yang harus anda lakukan adalah menekan pada keyboard " Windows + M " Tambahan = Jika anda ingin restore semua windows Tekan " Windows + Shift + M "

8. Menutup Semua Tab Program Jendela Browser.

       Jika anda ingin menutup semua Tab Browser dengan cepat tanpa perlu silang (X) lagi Maka dengan itu untuk menutup semua program Jendela Browser yang harus anda lakukan adalah menekan pada keyboard " Alt + F4 " Atau bisa juga " Alt + Space + C " Maka akan tertutup semua Jendela Browser.

9. Menamakan Folder dengan Cepat!

      Untuk menakan Folder yang biasa anda lakukan adalah meng-klik kanan lalu pilih Rename. Maka cara itu terlalu lama bagi saya, yang ada harus lakukan adalah menekan " F2 " . Sebelum itu anda meng-klik dahulu aplikasi atau folder barulah anda tekan " F2 "

10. Search/ Mencari Kategori dengan cepat (Khusus Windows 8/8.1).

       Kalian pengguna Windows 8/8.1 ? Ketika anda sedang mencari sebuah data - data penting anda jika tidak ketemu maka cara yang anda lakukan adalah dengan mencari di kolom "Search" untuk membantu mencari file atau data-data anda yang lupa menaruh mana.. Biasanya pada Windows 8 adalah menu windows atau start nya berbeda dengan Windows 7 ataupun Windows XP jadi anda harus pergi kenan untuk mencari kolom search. Cara tersebut kelamaan jadi yang harus lakukan biar cepat adalah menekan pada keyboard " Windows + Q " atau bisa juga " Windows + C " Maka carilah berinisial apakah file anda.


11. Membuat Folder Baru Dengan Cepat!

       Biasanya untuk merapihkan suatu file yang harus anda lakukan adalah membuat Folder, Tujuannya adalah biar file rapih dalam satu kategory ( misalkan musik ya musik semua ). Hal yang biasa anda lakukan adalah membuat " Folder Baru " adalah dengan cara Meng-klik Kanan -> News -> New Folder . Iyakan? Sudah pasti!. Menurut saya itu kelamaan, cara yang cepat adalah dengan cara menekan pada keyboard " Ctrl + Shift + N " Maka akan muncul otomatis Folder Baru.

12. Mengganti Jendela Windows ( Selain Alt + Tab )

        Coba kalian tekan pada keyboard kalian dengan menekan " Windows + Tab " Maka akan muncul efect 3D . Ini cara kedua selain Alt + Tab untuk mengganti Jendela Windows.

13. Melihat Specsifikasi Komputer

        Cara yang anda lakukan adalah " Windows + R " Lalu ketikan " dxdiag " Maka akan terlihat Specsifikasi Komputer anda.

14. Menutup Tab Browser 1/1 dengan cepat!

        Untuk menutup Tab Browser yang tidak diperlukan biasanya anda meng-klik (X) cara tersebut kelamaan, yang sering saya pakai adalah menggunakan melalui keyboard dengan cara menekan " Ctrf + F4 " Maka Browser akan menutup 1/1.

15. Screen Capture

        Seorang Blogger harus mengerti cara meng-screenshoot layar komputer, Tujuannya adalah sebagai disain hasil gambar sendiri bukan google image untuk dipostingankan di Blogger anda. Bukan Hp Android saja yang bisa meng-screenshoot layar, komputer juga bisa dong!. Caranya gampang jika anda menggunakan laptop anda menekan tombol " FN " atau bisa juga " Print Screen " Lalu anda menggunakan aplikasi " Paint " ketika sudah di paint, sekarang anda tekan pada keyboard " Ctrl + V" untuk pastekan gambar. Simpan gambar dalam Format PNG,JPEG Dan lain-lain.

16. Menutup Halaman yang sedang di Buka ( Contoh Folder )

        Menutup Halaman yang sedang dibuka hal biasa anda lakukan adalah men-silang (X) . Cara itu kelamaan, cara cepatnya adalah anda hanya perlu menekan pada keyboard " Ctrl + W "

17. Merekam di Dalam Windows

        Sebenarnya banyak aplikasi pihak ketiga menyediakan Perekam Layar Windows. Gausah pake aplikasi, anda hanya perlu menekan pada keyboard " Windows + R " lalu ketikan " psr.exe "

18. Zoom ( Melihat Tulisan Lebih Dekat )

        Bila anda merasa Gambar/Tulisan di layar monitor anda terlalu kecil? Yang harus lakukan adalah menekan pada keyboard anda " Windows + [ Tombol + ] "  untuk mengecilkan kembali anda harus menekan ( - ) Min - . Dan kaca pembesar akan muncul di layar, kamu bisa memperbesar atau memperkecil gambar di layar.

19. Memunculkan Start

        Biasa yang memunculkan Start anda menekan Tombol Windows, atau bisa juga meng-klik dengan mouse dibagian kiri bawah pilih logo Windows. Namun kali ini saya akan kasih tau cara lambatnya, Yaitu dengan cara menekan pada keyboard " Ctrl + Esc " Sama saja sih, tapi ini Tambahan saja ya.

20. Pergi ke MyComputer Dengan Cepat!

       Ketika anda ingin mencari file, sebagian orang biasa atau awam adalah pastinya pergi ke MyCompuer. Cara lamanya adalah dengan mengklik logo windows pada bagian bawah kiri, lalu pilih " Computer " Tapi cara cepatnya yaitu dengan menekan pada keyboard yaitu " Windows + E " Maka akan langsung otomatis muncul Tab MyComputer.

  Segitu dulu ya Tips dari saya, sebenarnya masih banyak lagi pencetan pada Keyboard dan fungsinya buat Windows. Bagaimana mudah bukan? Semoga kalian hapal ke-20 itu seperti saya^.^ Untuk menambahkan silakan komentar, kita sama sama belajar oke!

Semoga Bermanfaat!

Related Post