Lakukan Langkah Ini Agar Blog Anda Cepat di Terima Google Adsense

Anda salah satu orang yang berkali-kali mengajukan permohonan Google AdSense dan berkali-kali juga kena tolak? Ok, kita pahami dulu maksud penolakan itu. Mungkin anda melewatkan tahap-tahap dimana anda harus mematuhi kebijakan Google AdSense agar blog/situs web anda diterima. Saya pribadi sudah berkali-kali di tolak Google AdSense, dan saya ingin membagikan pengalaman saya, kenapa saya bisa diterima oleh Google AdSense.

Perlu diketahui juga bahwa pihak Google AdSense juga tidak memberitahukan secara detailnya bagaimana cara daftar Google AdSense hingga akhirnya permohonan tersebut diterima. Tim Google AdSense hanya meninjau situs anda secara langsung. Jika sekiranya belum layak? Tim Google AdSense berhak menolak situs anda. Parahnya pihak Google AdSense tidak menjelaskan alasan penolakan tersebut dan hanya memberikan sebuah email yang menyatakan bahwa situs anda tidak memenuhi kebijakan peraturan Google.

Google AdSense dalam penerimaan calon Publisher baru nya terbagi menjadi 2 tahap, yaitu Tahap 1 (Review) Tahap 2 (Approve). Kita mulai dulu dari tahap 1.

Pada Tahap 1, jika anda mengajukan permohonan Google AdSense pasti pihak Google AdSense akan memberitahukan ke Email anda bahwa “Kami Sedang Meninjau Situs Anda”. Disini Pihak Google AdSense sedang meninjau situs anda. Biasanya paling lama 1-2 hari kerja, anda akan mendapatkan Email yang berisikan bahwa situs anda sedang kami tinjau.

Sedangkan pada Tahap 2, Pada tahap 2 prosesnya sangat jauh berbeda. Pada Tahap 2 ini situs anda akan di tinjau secara langsung oleh para tim pakar dari Google AdSense. Google akan meninjau keseluruhan situs anda, bukan hanya dibagian artikel saja tetapi di semua halaman. Proses manual ini yang membuat review tahap 2 ini memakan waktu lebih lama dibanding review tahap 1. Biasanya pada tahap 2 ini memakan waktu 3-7 hari atau hingga 1 bulan karena banyaknya antrian dari berbagai dunia yang mengajukan permohonan Google AdSense juga.

Screenshoot :



Mendaftar dan menjadi mitra/publisher Google AdSense memang terlihat mudah. Anda hanya perlu Sign-up ke http://google.com/adsense dan memasukan alamat blog/situs/web anda dan menungu antrian diterima. Namun pada kenyataan cukup sulit, teruma pada pemula yang baru mencobanya. Menurut saya rintangan yang paling sulit adalah membuat situs yang berkualitas, baik dari segi artikel ataupun gambar thumbnail hasil mengedit sendiri. Pemula akan merasakan apa yang saya rasakan seperti dulu ketika mendaftar Google AdSense. Anda akan terkena tolak minimal 5x bahkan lebih. Tapi jangan pantang menyerah, pasti akan diterima kok. Pasti ada alasan mengapa pihak Google AdSense menolak situs anda. Mungkin anda di suruh merampungkan situs anda dari tahap perancangan.

Saya belum pasti 100% cara yang saya bagikan ini akan ampuh di terima Google AdSense, saya hanya berbagi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga ini membantu anda dalam mengajukan permohonan Google AdSense.

Berikut ini adalah syarat permohonan Google AdSense dapat diterima :

1. Jangan Ajukan Permohonan Google AdSense Ketika Situs Sedang Tahap Rancangan (BETA)

Pada bagian ini, jangan anda daftarkan ketika blog/situs/web anda sedang BETA atau tahap-tahap sedang dibuat atau dirancang. Anda pasti sudah tahu-lah bagaimana proses sedang dirancang? Disini fokuskan terlebih dahulu pada artikel, buat artikel sebanyak mungkin. Jika anda menggunakan template orang lain? Sebaiknya di isikan dulu terutama pada bagian menu ganti dengan link yang mengarahkan ke alamat blog/situs/web anda sendiri.

Screenshoot :

2. Buat Artikel Bermanfaat Serta 100% Lolos dari CopyScape.

Agar dapat mudah diterima, buatlah artikel yang bermanfaat serta jangan copy&paste artikel orang lain. Sekarang banyak sekali copaser yang merajalela. Jangan sekali-kali anda copy&paste artikel orang lain. Selain melanggar hak cipta, artikel copas kemungkinan akan terjerumuskan blog/situs/web anda menjadi paling bawah di pencarian Google. Oleh karena itu anda harus membuat artikel 100% lolos dari CopyScape.

3. Jumlah Artikel Minimal 20-30.

Sebenarnya jumlah artikel tidak ditentukan dalam pendaftaran Google AdSense dan tidak ada juga peraturannya. Terkadang hanya 5 artikel saja pihak Google AdSense menerimanya. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, saya membuat artikel sebanyak (seingat saya ada 30) dan diterima oleh pihak Google AdSense. Masing-masing artikel saya saat itu hanya 200-300 kata.

4. Umur Blog Minimal 3-6 Bulan.

Seperti halnya jumlah artikel, umur suatu blog juga belum ada patokan yang pasti. Menurut saya umur blog harusnya diperhatikan. Jangan daftar blog anda ketika baru 1 hari, yang ada anda akan tertolak. Menurut pengalaman pribadi saya, saya mendaftarkan blog saya pada usia 3 bulan dan menurut saya di usia ini sudah ideal.

Screenshoot :
Mengapa harus 3 bulan?

Dalam 3 bulan ini anda sebaiknya membuat dan mempublikasikan banyak artikel. Sehingga artikel anda sempurna dalam pengindex google dan anda pun memiliki pengunjung dari pencarian google.

5. Gunakan Template Responsive.

Menggunakan template responsive juga harus diperhatikan. Karena dengan template yang responsive peletakan iklan nantinya akan lebih mudah. Jika anda tidak bisa membuat template sendiri anda bisa membeli ke orang yang menyediakannya. Karena jika menggunakan template responsive pada blog anda maka pada versi desktop dan versi mobile blog anda akan menyesuaikan dengan perangkat.

6. Buat Halaman Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us, Term of Service.

Pihak Google AdSense pernah mengirim email ke saya yang berisikan “Sediakan Menu Navigasi Yang Jelas”. Awalnya saya tidak tahu kesalahan saya, parahnya pihak Google AdSense tidak memberitahukan solusi agar permohonan diterima. Sayapun akhirnya mencari dan membaca di blog orang lain, akhirnya saya menemukan solusinya. Ternyata yang dimaksud Google AdSense ini adalah sediakan menu “Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us, Term Of Service” dan akhirnya saya memasang seperti yang terlihat di menu navigasi saya.

Screenshoot :
Disini saya menyediakan link download untuk anda yang kesulitan mencari bagaimana sih membuat halaman untuk Privacy Policy seperti yang saya jelaskan diatas? Silakan anda download artikel dibawah ini. Artikel ini sudah rapih dalam tata Bahasa, menggunakan bahasa yang baik.

Download :

7. Sediakan Menu Navigasi Yang Sederhana dan Jelas

Seperti pada point 6. Sediakan Menu Navigasi Yang Jelas adalah anda diharuskan membuat halaman seperti Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us. Jika diblog anda tidak ada menu navigasi silakan anda cari di blog ini, ada banyak kok.

8. Ikhtiar dan bersabar.

Mungkin pertama anda akan terkena tolak, tapi jangan langsung putus asa tetap bersabar dan berikhtiar. Karena di tolak oleh Google AdSense lebih sakit dibanding di tolak oleh Gebetan. :)

Kesimpulan :

Yang harus anda lakukan adalah membuat blog baru, Jangan ajukan permohonan Google AdSense  ketika blog anda sedang tahap-tahap dibuat (BETA). Buatlah artikel sebanyak mungkin. Jangan lupa gunakan template responsive, isi semua menu yang tersedia seperti pada bagian menu header dan menu navigasi, isi semua dengan link pada menu navigasi serta kategori pada menu header. Sediakan navigasi yang jelas, pasanglah form privacy policy seperti yang saya jelaskan diatas. Ketika membuat artikel, jangan artikel orang lain yang anda copas. Buatlah konten memadai, jangan membuat konten artikel seperti kekerasan, sara atau artikel menyimpang lainnya. Perlu diketahui blog yang berisikan hanya video tidak akan diterima. Selama 3 bulan gunakan waktu anda untuk membuat artikel serta jangan lupa di submit artikel nya ke Google Webmaster tujuannya agar blog anda memiliki pengunjung.

Demikian, ada banyak sekali berbagai email penolakan dari Google AdSense. Jika ada yang ingin ditanyakan? Silakan berkomentar dibawah ini. Saya akan membalas komentar anda kurang lebih 24 jam, jika tidak ada halangan. Nantikan artikel selanjutnya “Bagaimana saya bisa dapat iklan Matched Content dari Google Adsense.” Thanks for Reading: Lakukan Langkah Ini Agar Blog Anda Cepat di Terima Google Adsense

Related Post

0 Response to "Lakukan Langkah Ini Agar Blog Anda Cepat di Terima Google Adsense"

Post a Comment